IKI MEMBANTU WARGA CINBEN KAB TANGERANG

Dokumen kependudukan menjadi dokumen penting yang harus dimiliki setiap warga negara Indonesia.

 

Untuk kesekian kalinya, Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kab Tangerang membantu mendampingi dan memfasilitasi warga masyarakat Kab Tangerang mendapatkan dokume kependudukan, utamanya akta kelahiran, kartu tanda penduduk, dan kartu keluarga.

 

Bertempat di Kwan Ti Bio, Pakuhaji, pinggiran Kali Cisadane, secara simbolis IKI menyerahkan dokumen kependudukan dari 74 warga masyarakat di lima kecamatan: Curug, Panongan, Tigaraksa, Cisauk, dan Pakuhaji.

Ketua II IKI, KH Saifullah Ma’shum dalam sambutannya mengingatkan bahwa “pentingnya kepemilikan dokumen ini, nantinya dapat untuk keperluan pengurusan dokumen lainnya, seperti membuat kartu BPJS, untuk melengkapi persyaratan sekolah anak-anak, dan tentunya bisa mengakses fasilitas-fasilitas yang diberikan Pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa setempat, Mohammad Shoddikin, tiada hentinya menyampaikan terima kasih kepada Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) yang tiada lelah membantu masyarakat, terutama masyarakat kecil dan terpinggirkan.

Relawan IKI, Siswoyo, berharap, pada kesempatan ini kami baru dapat membantu 74 dokumen kependudukan, semoga masyarakat pinggiran kali Cisadane ini semua bisa segera memiliki dokumen kependudukan sebagai dokumen kewarganegaraannya.

Hadir dalam penyerahan simbolis ini, para sesepuh warga Cinben Tangerang bagian utara, Eng Kat, pengurus Wihara, Babinsa, dari IKI hadir Ketua II KH Saifullah Ma’shum, Nyoti El Haris, dan peneliti senior koordinator wilayah Tangerang Raya, Paschasius Hosti Prasetyadji beserta relawan Siswoyo dan Bun Eng.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *